Monday, 14 November 2016

GUIMARÃES-PORTUGAL

Kota Guimarães terletak di bagian utara Portugal dan merupakan bagian dari District Braga. Kota Guimarães merupakan kota yang bersejarah bagi bangsa portugis karena di kota inilah sebagai bukti sejarah lahirnya bangsa portugis. Selain sebagai ibut kota pertama bangsa Portugis, Guimarães juga merupakan salah kota yang terdaftar di lembaga internasional UNESCO sebagai "World Heritage Site"sejak tahun 2001. Penulis berada di kota Guimarães dalam rangka mengikuti "Formacão Integrada UMinho-EGOV". Para peserta training terdiri dari negara-negara berbahasa portugis (CPLP) seperti, Angola, Mozambique, Sao Tome Principe, Cabo Verde, Guinea Bessau dan Timor Leste. Selain disibukkan dengan agenda kegiatan yang cukup padat mulai dari jam 9 sampai jam 18.30, tentunya penulis juga menyempatkan diri untuk melihat secara dekat keindahan kota Guimarães yang sangat bersejarah bagi bangsa Portugis. Secara umum kota Guimarães sangat tertata rapi, bersih, dan yang tidak kalah menarik adalah bangunan-bangunan tua yang masih terawat rapi menghiasi sudut-sudut kota. Beberapa bangunan tua yang terjaga sampai sekarang diantaranya:

1. Gedung Tua


Gedung tua yang terdapat di kota Guimarães
berdri sejak 1863



Conveto Santa Clara

deretan gedung tua yang tertata rapi
Pemerintahan di wilayah Guimarães cukup peduli akan budaya dan hasil karya para leluhurnya. Keaslian gedung tetap terjaga dan berdiri kokoh ditengah kemajuan dunia modern. Hal itu terlihat dari banyaknya toko-toko yang berada di bawah gedung tersebut yang menjual berbagai jenis barang produksi manusia modern seperti: restorant, cafe, dan lain-lain, 

2. Restorante dan Cafe

Keunikan wilayah Guimarães, selain dihiasi oleh gedung-gedung tua, juga terdapat banyak sekali restorante dan cafe-cafe yan tersebar disudut kota. Masyarakat Gumarães dan para pengunjung lain bisa menikmati berbagai jenis makanan khas portugal dan aroma kopi yang dijual di restorante dan cafe-cafe tersebut. Harga jual makanan cukup bervariasi; sopa plus roti sekitar 1 euro, kentang goreng+daging+salad+telur goreng sekitar 5 euro, sedangkan segelas kopi sekitar 1 euro.


Gedung tua plus toko modern.
Daftar Menu
3. Castelo Guimarães

Mengunjungi Gumarães tidaklah lengkap kalau tidak mengunjngi Castelo Guimarães. Castelo Gumarães dibangun atas perintah raja Mumamoda Dias di abad ke-10. Castelo ini dibangun untuk mempertahankan kerajaan dari serangan kaum muslim africa utara (moors) dan kaum eropa lainnya.
Untuk bisa melihat secara dekat castelo Guimarães, para pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket seharga 5 Euro. Di dalam Catelo Guimarães selain terdapat kapel (gereja kecil), juga terdapat peninggalan kuno milik para raja yang tersimpan rapi di dalam gedung tersebut; seperti kamar tidur raja, ruangan pertemuan, lemari dan lain-lain.


Background-Castelo Guimarães

Barang Antik
Gednung Depan Castelo Gumarães
4. Aqui Naceu Portugal dan Gereja Tua

Aqui Naceu Portugal merupakan bangunan yang sangat menonjol di kota Guimarães. letaknya ditegah kota Guimaães dan dikelilingi toko, restorante, cafe dan taman bermain yang cukup luas untuk berfoto atau sekedar bercengkrama bersama sahabat. Aqui Naceu Portugal seakan ingin menyatakan kepada para pengunjung bahwa ditempat inilah lahir bangsa Portugis.
Depan Gedung Aque Naseu Portugal
Selain sebagai tempat lahir bangsa Portugis, kota Guimarães juga terdapat gereja-gereja katolik yang sersebar di kota tersebut. Gereja-gereja peninggalan jaman dulu masih terawat rapi dan bersih. Lokasi gereja sangat berdekatan dan bunyi lonceng gereja selalu mengema kalau ada acara keagamaan seperti misa dan hari besar gereja katolik.

Depan Igreja da Misericodia

5. Gereja Nossa senhora do Carmo de Penha

Gereja ini terletak di pucak gunung penha atau Penha Mountain. Untuk mencapai gereja tersebut ada dua pilihan yang bisa ditempuh: menggunakan mobil atau bisa naik kereta kabel. Supaya lebih menikmati perjalanan, alangkah baiknya menggunakan kereta kabel Guimarães atau Telefërico Guimarães. Biaya yang dikenakan sebesar 5 Euro. Jadwal pengoperasian kereta kabel bisa dilihat foto bawa:
Jadwal kereta kabel dalam bahasa ingris dan Portugis
Depana Gereja De Penha

kota Guimarães dari puncak gunung de Penha

Referensi dan pengalaman penulis selama berada kota Guimarães bukan sekedar menutut ilmu tapi berusaha untuk mengali lebih dalam bagaimana masyarakat dan pemimpinnya mengelola dan melestarikan peninggalan leluhur di jaman modern. Tentunya menjaga dan melestarikan budaya yang berumur ratusan tahun tidaklah mudah. Butuh kesadaran, tanggungjawab dan pengetahuan akan nilai dari sebuah sejarah peradaban itu sendiri. Masyarakat yang beradab adalah masyarakat yang menghargai hasil karya para leluhur, Timor Leste sebenar memliki banyak potensi yang bisa digali untuk menarik para wisatwan luar negeri. Banyak peninggalan jaman Portugis yang tersebar di kota Dili dan di Distrik, Selain peninggalan jaman Portugis ada juga peninggalan leluhur seperti rumah adat, tais etc yang bernilai dan mendatangkan devisa negara.Tinggal bagaimana para pemimpin intelektual dan  masyakarat Timor Leste itu sendiri menjaga dan melestarikannya.

No comments: