Tuesday, 2 April 2013

Proses kawin adat di Timor Leste!!!!

Beberapa hari yang lalu penulis beserta keluarga yang lain menghadiri acara kawin adat yang di selenggarakan oleh keluarga kedua mempelai. Kebetulan yang pengantin laki adalah saudara sepupu jadi aku berusaha untuk hadir di acara ini.. Kawin adat sebetul adalah sebuah proses dimana kedua mempelai berjanji untuk mengikat tali pernikahan sah secara adat dan telah direstui oleh kedua belah pihak. Nah, dalam tulisan kali ini penulis tidak akan membahas sejarah munculnya kawin adat di Timor Leste tapi yang penulis tekankan disini adalah tata cara  pernikahan adat yang diakui secara luas di Timor Leste.
Proses pernikahan adat meliputi beberapa tahap:

1. Tahap persiapan

Pada tahap ini, keluarga mempelai laki mengundang sanak saudara untuk duduk bersama dan meyiapkan strategi apa yang harus diomongkan ketika berhadapan dengan pihak mempelai wanita. Strategi yang penulis maksud disini adalah berapa biaya yang harus dipersiapkan oleh mempelai laki sebelum dibayarkan ke pihak mempelai perempuan. 

2. Tahap negoisasi

Nah tahap ini yang paling seru  dan kadang sampai gondok-gondokan.he.he.....  tapi intinya sukses tidaknya acara kawin adat biasanya tergantung kepintaran sang jurubicara (tua adat) untuk bisa bernegoisasi dengan pihak mempelai perempuan.Mulai dari pembahasan tata  cara adat, bayar belis ke pihak perempuan hingga menentukan tanggal pernikahan digereja biasa di bahas di tahap ini.

3.  Tahap pembayaran Belis

Belis (dalam bahasa Tetum) bisa diartikan sebagai mas kawin yang harus dibayarkan pihak laki kepada pihak perempuan dan besarnya biaya belis tergantung permintaan pihak perempuan. Dalam pembayaran belis atau mas kawin biasanya pihak perempuan menyodorkan sebuah kotak yang berfungsi untuk menyimpan uang yang diterima dari pihak laki. Besarnya biaya  tergantung kesepakatan dari kedua belah pihak.
Ketua Adat sedang menghitung duit!!!!!!!!!

4. Tahap Final

Setelah proses pemberian Belis selesai,  maka tahap selanjutnya atau tahap final adalah tahap dimana prosestukar cincin berlangsung. Tukar cincin selain sebagai lambang penyatuan kedua mempelai juga sebagai lambang kepercayaan dari pihak mempelai perempuan kepada mempelai laki untuk saling menyayangi dan mencintai.
Meskipun masyarakat Timor Leste telah hidup dijaman modern dan mendapat pengaruh budaya luar yang begitu kuat, namun budaya kawin adat masih terpelihara dengan baik oleh sejumlah kalangan yang menganutnya.

13 comments:

indobrad (kopimana.com) said...

pada waktu hari pernikahan setelah sakramen di gereja, ada adat khususnya gak?

Lov3 Timor L3st3 said...

setelah menerima sakramen pernikahan di gereja, biasa dilanjutkan dgn acara pesta. klu adat khusus setelah nikah digereja kyknya nga ada. Meskipun demikian proses adat tetap berlanjut bila pihak laki belm melunasi belis yg dimintai pihak perempuan.trm ksh bro uda mampir.slm

zhane said...

tlong di muat adat korometan timor leste

Lov3 Timor L3st3 said...

ok..kalau ada kesempatan aku akan tulis juga megnenai adat koremetan di Timor Leste. terima kasih atas kunjungannya.slm

Blogger Lampung said...

menarik sekali artikelnya sahabat

Lov3 Timor L3st3 said...

terima kasih atas kunjungannya and salam kenal

makai said...

halo hela se nia adat mak ne???? sorti los artikel ida ne...tenki copy tiha..penting los ne...thankssssssssssss....well done..

Lov3 Timor L3st3 said...

acara ne'e iha ossu wainhira apa Talimutu mate, foto ne'e hanesan kamuflase deit he.he.he

Riama Hesti Juliana Simanjorang said...

Hellow .. salam
sy wanita Indonesia yg akan menikah dgn pria Timor Leste .. rencana nya kami akan menikah di Timor Leste rumah calon mertua saya .. calon sy saat ini bekerja di Irlandia. Yg ingin saya tantakan apakah setelah sy resmi menikah di Timor Leste dengan tata cara gereja katolik. Saya bisa di bawa calon suami ikut ke Irlandia atau kami harus ke Indonesia lagi melangsungkan pernikahan di kantor catatan sipil agar saya bisa mendapat hak saya sebagai istri yg bisa otomatis ikut kemana suami saya menetap ataukah setelag menikah gereja di timor sudah otomatis saya menjadi warga negara Timor yg bisa langsung di bawa calon suami ke Irlandia ?? Tks

Lov3 Timor L3st3 said...

Riama:hi salam kenal, menrut yg sy tahu, klu mau jdi WNTL menimal tinggal 5 tahun di TL. klu setelh menikah dan langsung mendapat kewarnegaraan mungkn msih buth proses ya. nnt sy tanyakan ke teman yg urus bagian kewarnegaraan. saran say mending menikah dulu nanti pengurusan kewarnegaraan menyusul toh..calon suami mbak orang TL pasti dia paham mengenai aturan yg berlaku di TL.salam sejahtera

Unknown said...

Mat Malam bagaimana cars Nya menikah Di Timor leste? Saya wanita Indonesia sedangkan calon suami org Portugal . Kami cuma Punya masa cuti 5 hari bisa kah? Kami sama2 katolikh

Ruth Carolin Lowo said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Hallo ai wanita indonesia,ai punya calon di timor leste dan usia kami berjarak 7 tahun.dan ai termasuk usia paling muda untuk menikah.
Pertanyaan: apa kah tidak masalah kalo menikah di timor leste menggunakan adat dengan usia yg masih muda??
Terima kasih ai harap ada yg bisa jawab pertanyaan dari ai...
Salam......

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...