Wednesday, 8 June 2016

Menikmati kebersamaan bersama anak-anak Escola Tecnico Informatica (ETI) dan Sao Miguel

Beberapa minggu yang lalu kantor kami menerima beberapa pelajar yang ingin melakukan kerja pratek. Hal yang membedakan kehadiran para siswa ini dengan yang lain adalah, durasi kerja praktek yang cukup lama yakni 3 bulan. Penulis sendiri awalnya agak kaget kenapa kerja praktek kok bisa sampai 3 bulan? Ternyata dari penuturan para siswa, aturan 3 bulan kerja praktek memang baru dikeluarkan oleh Kementerian pendidikan Timor-Leste bagi seluruh sekolah kejuruan baik swasta maupun negeri. Ditambahkan lagi, untuk seluruh sekolah kejuruan di Timor-Leste menggunakan sistem kredit, untuk sekolah umum sistem tersebut tidak berlaku. Sebagaimana biasanya, sebelum melakukan kegiatan kerja praktek, terlebih dahulu kami memperkenalkan diri dan memberikan arahan tentang tata cara atau aturan-aturan yang harus mereka taati selama melakukan kegiatan kerja praktek. Ada beberapa peraturan yang secara tidak tertulis kami berikan di antara:

1.      Jam masuk kantor

Aktivitas masuk kantor di tempat kami dimulai jam 8:30 waktu Timor-Leste. Jam 12.00 waktu makan siang, dan masuk kembali jam 14.00 artinya para pegawai di Timor-Leste diberi waktu 2 jam untuk istirahat, lalu kembali masuk kerja sampai jam 17.30. Durasi waktu kerja yang cukup lama, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik para siswa, maka dari itu  sejak awal kami selalu menekankan para siswa agar tidak terlalu terikat dengan aturan kantor tetapi berusaha memberikan kebebasan agar mereka bisa memberikan yang terbaik bukan hanya bagi kami tapi bagi sekolah dimana mereka berasal.

2.      Pembagian kelompok

Pembagian kelompok terpaksa dilakukan karena jumlah siswa yang melakukan kerja praktek cukup banyak yakni 18 siswa. Kedelapan belas siswa tersebut terdiri dari 12 siswa dari Escola Tecnico Informatica (ETI) dan 6 siswa Escola Sao Miguel. Pembagian kelompok dimaksudkan agar lebih mudah mengarahkan dan memonitor tiap aktifitas yang dilakukan para siswa selama melakukan kegiatan kerja praktek lapangan. Kedelapan belas siswa tersebut disebar ke berbagai divisi antara lain bagian Human resource, administration and finance dan Informasi dan teknologi (IT). Untuk divisi kami kebagian 8 siswa. 6 siswa dari Escola Teknico Informatica (ETI) dan 2 dari Escola Sao Miguel. Kedelapan siswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok satu dan kelompok dua. Masing-masing kelompok  telah diberi tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan selama seminggu lamanya, tentunya harus disertai dengan pembuatan laporan kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan pihak sekolah.

group photo

Group photo

3.      Jadwal kegiatan

Jadwal kegiatan disesuaikan dengan jadwal kerja kantor. Hari senin sampai jumat para siswa ini akan belajar dan  mempraktekkan tiap materi yang kami berikan. Beberapa materi pelatihan yang telah disiapkan di antaranya: pembuatan blog, networking, database dan Troubleshooting. Memang materi pelatihan yang kami berikan masih berhubungan dengan Informasi dan teknologi  (IT). Sebagai informasi tambahan, kantor kami  bertanjungjawab memberikan pelayanan internet ke seluruh kantor pemerintah Timor-Leste. Dengan demikian kehadiran para siswa ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan internet ke semua instansi yang ada. Selama proses pelatihan dan adaptasi dengan lingkungan baru, sangat terlihat para siswa ini cukup antusias dalam menjalani hari-hari bersama kami. Disaat pelatihan mereka cukup fokus dan kadang terlihat serius, namum disaat santai mereka juga senang mendengarkan music dan searching google untuk materi pelajaran maupun hal menarik lain.  

4.      Momen kebersamaan


Meski terjadi perbedaan umur, dan dari latar belakang yang berbeda namun kondisi ini seakan tidak menjadi halangan untuk saling berbagi pengalaman diantara kami. Justru kehadiran para siswa ini menjadikan kami merasa muda lagi (he.he.he) untuk terus bersemangat dalam bekerja dan berkarier. Momen bersama para siswa ini bukan hanya sekedar berbagi pengalaman tapi juga memberikan arahan dan dorongan kepada mereka untuk terus belajar dan berkreasi dalam mengapai cita-cita.

No comments: