Friday, 2 October 2015

Woow.. Great Wall

Sebulan yang lalu, tepatnya dari 23 Agustus sampai tanggal 22 september 2015, penulis diberi kesempatan oleh kantor untuk mengikuti seminar dengan topik "2015 SEMINAR ON TELECOMMMUNICATION NETWORKS SECURITY FOR DEVELOPING COUNTRIES”-
di Wuhan, Hubei Province-China. Sesuai dengan jadwal yang diterima para peserta, agenda kegiatan selama seminar dibagi menjadi 3: Lecture, Technical investigation dan Cultural investigation. Nah..dalam kesempatan ini penulis tidak akan membahas tiap agenda di atas karena hanya buang waktu dan tentunya tidaklah relevant bagi pembaca yang tidak mempunyai background IT atau telekomunikasi (ha.ha..). Mungkin di antara pembaca yang sempat mampir di blog ini akan bertanya kenapa judulnya kok "woow..Great Wall? jawabannya: kaget, gembira campur aduk ha.ha...
Mengunjungi negeri china adalah mimpi penulis sejak lama, apalagi dengan perkembangan ekonomi dan budaya kerja keras orang china membuat penulis semakin penasaran untuk berkunjung dan melihat secara dekat kehidupan di negeri china dan tentunya tempat wisatanya juga. Woow..Great Wall!! Great wall menjadi salah satu moment terpenting dalam kehidupan penulis. selain mejadi cagar budaya yang dilindungi oleh UNESCO, Great wall juga menjadi tempat favorit yang harus dikunjugi, baik oleh para pemimpin negara maupun para pengunjung biasa (termasuk penulis .ha.ha.).
Selama melakukan kunjungan ke Great wall, ada beberapa hal yang penulis perhatikan sebelum menginjakkan kaki di tangga-tangga tembok raksasa yang membentang diperbukitan china. hal-hal yang penulis maksudkan diantaranya:
  1. Pedagang kaki lima
Di china sering kita temui para pedagang kaki lima terutama di ditempat wisata, tak terkecuali di tembok raksasa china atau Great Wall. Di pintu gerbang area wisata para pedagang ini akan mendekati para mengunjung untuk menawarkan barang dagagangnya seperti topi dan pernak-pernik lainnya. Para pengunjung jangan dulu buru-buru untuk membelinya karena para pedagang kaki lima biasanya menawarkan dagagangnya dengan harga tinggi kalau kita tidak pintar nawar harga alias bargain maka  akan kehilangan uang yang seharusnya bisa digunakan untuk yang lain.

                                                            2. Tulisan Dinding


Tulisan dinding ini menunjukkan tempat salah satu bagian dari Great Wall yang disebut dengan JUYONGGUAN. Great wall-Juyongguan ini pertama kali di bangun oleh Dinasti ming antara tahun 1368-1644 dan terletak di District ChangPing. Informasi lengkap bisa dibaca di:


                                                              3. Some Messages


                                                              4. Climb the Stairs
Me and Friends
Tentunya untuk bisa mencapai puncak tembok besar china tidaklah mudah, butuh perjuangan dan semangat. Banyak peserta maupun para pengunjung yang awalnya begitu semangat untuk menaiki tangga demi tangga akhir gagal dan harus kembali. Sama halnya penulis, awalnya penasaran ingin mencoba hingga sampai puncak akhirnya harus tertahan di pemberhentian pertama karena tak mampu lagi untuk melanjutkan perjalanan ke tahap berikutnya. Kehebatan "Great Wall" bukan hanya sekedar mengali kembali pengalaman para leluhur bangsa china dalam mempertahankan wilayah dari serangan musuh. tapi lebih dari itu, great wall sebagai simbol kehebatan dan kemajuan peradaban bangsa china yang tetap dipelihara dengan baik oleh generasi penerus bangsa china.

No comments: