Friday, 5 October 2012

site visit with CITS-UNMIT

Beberapa hari yg lalu penulis dan  tim dari asset management mewakili pemerintah, melakukan tugas bersama preinpection terhadap perangkat radio VHF milik UNMIT sebelum perangkat tersebut diserahkan kepada pemerintah RDTL. Tentunya untuk tulisan kali ini penulis tidak akan membahas panjang lebar mengenai nama, merek dan fungsi perangkat yang bersangkutan tapi tulisan kali ini hanya sepenggal cerita mengenai perjalanan bersama antara tim kami dan tim dari UNMIT. Perjalanan kami kali ini harus melalui jalan darat dan dengan alasan menghemat biaya, kami terpaksa harus satu mobil dengan mobil UN. Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan seharusnya kami akan berangkat menuju lokasi tepat pukul 7.30. Namun terpaksa harus molor karena teman dari bagian asset management ada masalah sedikit dengan urusan administrasi sehingga baru berangkat jam 10.00 lebih. Lokasi yang dituju ada tiga district yakni Baucau, Lopalos dan Viqueque. Pengalaman bertugas bersama staff UNMIT sudah sering penulis alami terutama dalam hal koordinasi antara bagian CITS UNMIT dan Department IT dimana penulis mengabdi. Namun pengalaman menggunakan mobil UN untuk perjalanan jauh mungkin baru kali ini penuli alami. Oleh sebab itu penulis ingin bercerita sedikit mengenai perjalanan jauh bersama mobil milik UN yang ada di Timor Leste.

CARLOG

http://www.dreamstime.com/
Sebagaimana telah diceritakan di awal tulisan, kunjungan kali ini penulis menumpang mobil UN merek toyota Hilux. Mobil ini dilengkapi fasilitas radio VHF dan sebuah perangkat tambahan yang dsebut dengan CARLOG. CARLOG akan bekerja ketika  sopir memasukan kartu yang merupai kartu ATM di mesin tersebut. Fungsi  dari CARLOG ini adalah untuk mencatat informasi seperti: kecepatan mobil, waktu dan berapa liter minyak yang dihabiskan. Apabila mobil berjalan melebihi kecepatan yang telah ditentukan maka CARLOG ini secara otomatis akan mengeluarkan alarm seakan memberitahu sang sopir untuk mengurangi kecepatan. Dan hebatnya lagi, apabila kartu tersebut hilang maka mobil tersebut tidak akan start walaupun  kunci mobil masih ada. Andaikan pemerintah RDTL mengimplementasikan CARLOG, maka jumlah kecelakaan mobil dan besarnya  biaya untuk  besin bisa dihemat.

CONDOM BOX

Perjalanan jauh dari Dili menuju Baucau district cukup melelahkan sehingga ketika di tiba kota Baucau penulis langsung menuju toilet untuk cuci muka lalu melirik di kiri-kanan toilet milik UNMIT. Secara umum ruang toilet milik UNMIT cukup bersih, terawat dan dilengkapi beberapa fasilitas seperti tissue , sabun cuci tangan dan Condom Box. Penempatan condom box di toilet memang cukup mengagetkan, karena baru pertama kali penulis melihat kotak ini di fasiliatas umum. Dag..dig..dug..rasanya penulis ingin mencoba mengambil barang sensitif di kotak ini, but for what?cukuplah penulis tahu bahwa di kantor UN ini masih banyak yang peduli akan bahaya penyakit HIV/AIDS.

No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...