Monday, 21 May 2012

Merayakan hari raya Restorasi kemerdekaan Timor Leste ke-10 di Bandung

Dalam menyambut hari raya Restorasi Kemerdekaan Timor Leste ke-10 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2012, Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste (IMPETIL) Bandung mengadakan beberapa kegiatan sebagai berikut:

Pertandingan Sepak bola antar Mahasiswa 

Sebelum perayaan 20 Mei, IMPETIL bandung mengadakan pertandingan sepakbola antar wilayah dimana para mahasiswa dan pelajar Timor Leste berdomisili. Tim dibagi menjadi beberapa wilayah diantaranya: tim dari wilayah Jatinangor, Lengkong, Dipatiukur, Suci, dan tim dari wilayah pahlawan. Pertandingan sepakbola mahasiwa dan pelajar Timor Leste (IMPETIL) berlangsung 2 minggu dan dibagi dalam 3 babak: babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. empat Tim yang berhasil lolos ke babak final adalah tim dari wilayah Dipatiukur, Jatinangor, Lengkong dan tim dari wilayah pahlawan. Sedangkan Pertandingan final  dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2012 di lapangan Persib-Bandung dengan mempertemukan tim dari wilayah Jatinangor melawan tim dari wilayah pahlawan untuk memperebutkan juara tiga dan tim dari wilayah Lengkong melawan tim dari wilayah Dipatiukur untuk memperebutkan juara satu dan dua. Pada pertandingan perebutan juara tiga, tim pahlawan berhasil mengalahkan tim dari wilayah Jatinangor melalui adu penalti. Sedangkan pada pertandingan perebutan juara satu, tim dari wilayah Lengkong berhasil mengalahkan tim dari wilayah Dipatukur juga melalui adu penalti. Dengan hasil tersebut tim dari wilayah Lengkong berhasil menjadi juara pada pertandingan sepakbola yang diselenggarakan oleh IMPETIL Bandung.




Perayaan Misa bersama

Misa syukuran dalam rangka memperingati hari raya restorasi kemerdekaan Timor Leste yang ke-10 dilaksanakan pada hari minggu tanggal 20 Mei 2012 di gereja Melania Bandung. Perayaan misa ini dipimpin oleh pastor Iwan. Pastor Iwan sendiri cukup akrab dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Timor Leste karena beliau sendiri pernah bertugas di Manatuto dari tahun 1993-1995 dan beliau juga berteman baik dengan para pejuang Timor Leste seperti Mahunu dan Mahudu. Dalam kotbahnya, pastor menyatakan bahwa untuk membangun Timor Leste membutuhkan kerja keras dari para generasi penerus dalam segala bidang kehidupan seperti perbaikan sektor pendidikan. Selain itu pastor iwan juga mengharapkan agar para mahasiswa Timor leste harus tetap bersatu dan giat dalam belajar agar bisa selesai tepat waktu dan segera balik ke Timor Leste untuk bisa membangun negeri.



Pesta Syukuran

Acara perayaan restorasi Kemerdekaan Timor Leste yang ke-10 diakhiri dengan pesta syukuran bersama yang dilaksanakan di Gedung serbaguna Lembaga permasyarakatan (LP) suka miskin-Bandung. Acara yang seharusnya dimulai pada jam 20.00 Wib terpaksa harus molor akibat kurangnya koordinasi sehingga acara baru dimulai pada pukul 22.00 WIB. Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Himne nasional "Patria" dan disusul dengan kata sambutan oleh ketua panitia  saudara Izaquel. Selesai kata sambutan ketua panitia, acara dilanjutkan dengan kata sambutan perwakilan orang tua Bapak Joao. Dalam kata sambutannya Bapak Joao menekankan penting rasa solidaritas dan persatuan sesama orang Timor Leste yang sedang menuntut ilmu di kota Bandung. Acara pesta bersama dalam rangka merayakan hari raya Restorasi kemerdekaan ini  diakhiri dengan dengan ramah-tamah dan acara bebas "dansa"  sebagaimana tradisi khas Timor Leste.




itulah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Ikatan Mahasiswa dan Pelajar Timor Leste (IMPETIL)-Bandung dalam rangka memeriahkan Hari Raya Restorasi Kemerdekaan Timor Leste yan ke-10. Semoga dengan kegiatan ini semakin mempererat tali persatuan dan persaudaraan di kalangan mahasiswa Timor Leste yang sedang menuntut ilmu di kota Bandung.
Viva loron Restorasaun da Independencia Timor Leste dala sanulu....









2 comments:

indobrad said...

Ah ya, baru ingat kalau kemarin perayaan 10 tahun restorasi kemerdekaan. Apa ya ucapan selamatnya? Dirgahayu Timor Leste cocok tidak ya?! hehehe.

Selamat Hari Restorasi Kemerdekaan!

Lov3 Timor L3st3 said...

Terima kasih Bro. Atas ucapan selmatnya. Kita barus habis merayakan hari raya restorasi kemerdekaan yg ke-10. Klau hari raya kemerdekaan TL nnati tanggal 28 nov. Sekali lagi terima sudah mampir di blog saya.Salam and sukses selalu.