Monday, 30 April 2012

My First Time using Google Drive

Karena tergiur oleh artikel di http://googleblog.blogspot.com/2012/04/, maka penulis merasa penasaran untuk mencoba fasilitas baru yang disediakan oleh google. Fasilitas tersebut diberi nama Google Drive. sebuah drive yang disediakan secara cloud oleh google untuk para pengguna layanan Gmail. Kapasitas penyimpanan data lumayan besar 5GB secara gratis dan bisa diupgrade ke 25GB dengan biaya $2.49/bulan, 100GB untuk $4.99/bulan, atau bisa sampai 1TB untuk $49.99/bulan. Untuk bisa menikmati fasilitas tersebut, pertama-pertama kita harus mendaftar terlebih dahulu ke https://drive.google.com/start#home, setelah itu klik go to google Drive. Bagi yang sudah pernah mendaftar seperti penulis akan langsung disambut dengan tampilan seperti ini:

Setelah berhasil menginstall google drive, maka proses selanjutnya adalah dengan mengklik tombol Drive  seperti terlihat di bawah ini:



Nah, inilah layanan yang tersedia di Google Drive, tinggal selera pengguna untuk menggunakannya. Ada Document (microsoft word), Presentation (power point), Spreadsheet (excel), Form dan Drawing. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut:


Setelah mencobanya, aplikasi  tersebut cukup menarik dan tentu akan sangat bermanfaat bila kita menggunakannya. Karena kapasitas datanya cukup besar tanpa harus membawa USB atau external drive lainnya. Kelemahaannya, karena tersimpan di cloud maka untuk bisa menggunakan google drive, pengguna harus terkoneksi internet. Selain itu karena free google drive tentu memiliki beberapa keterbatasan diantaranya seperti terlihat di bawah ini:



Selamat Mencoba Google Drive..




No comments: