Saturday, 17 March 2012

Who will win in this election?

Seluruh masyarakat Timor Leste, baik yang ada di Timor Leste maupun yang sedang berada di luar negeri kini sedang mewanti-wanti siapa yang akan menjadi presiden Timor leste untuk periode 2012-2017. Dari pantauan media online yang kita baca hari ini semuanya berisi tentang lancarnya pelaksanaan pemilu presiden Timor Leste yang aman, lancar dan damai. Sedangkan hasil dari pemilu itu sendiri belum diketahui oleh khayalak umum siapa yang akan menjadi pemenang pada pemilu tahun ini. Memang ada banyak analisis maupun komentar yang masuk di blog menyatakan bahwa dari 12 kandidat yang mencalonkan diri paling tidak hanya 3 atau 4 kandidat yang dipastikan maju ke ronde kedua alias pemilu tahap kedua. Ke empat kandidat yang kemungkinan maju ke tahap ke dua adalah sebagai berikut:
1. Ramos horta
2. Taur Matan Ruak
3. Lu olo
4. Fernando la sama.
Kepastian  pemilu tahap kedua bisa terjadi mengingat total penduduk yang  berjumlah 1 juta lebih dan hanya 626.503 yang berhak megikuti pemilu presiden 2012 (source: http://suara-timor-lorosae.com/berita-10408-votantes-626503-sei-tuir-vota-iha-elisaun-prezidensial-.html). Tinggal beberapa jam lagi perhitungan suara akan berlangsung. Apapun hasil dari pemilu ini harus tetap diterima dengan lapan dada oleh semua pihak. Namun sebagai masyarakat Timor leste kita tetap berharap siapapun yang terpilih nanti harus bekerja keras demi membawa negeri ini menuju perdamaian dan kemakmuran.

"Parabens ba povu tomak nebe ohin loron ho dificuldade oin2 bele hakat ba centro votasaun hodi vota ba sira nian kandidatura. Parabens dala ida tan tamba ita bele halao elesaun ida ne'e ho hakmatek no paz. Comprntos "

2 comments:

Pakmis said...

Salam kenal, lebih dua jam saya membolak-balik blog Anda ini : "ossu-gimata.blogspot.com". Penilaian saya, hebat, bagus, great, atau yang sejenis itu.

Tidak sengaja siang ini saya tiba di blog ini. Awalnya memang saya ingin melepas rasa kangen dengan Timor Timur (khususnya Dili dan Liquica), sehingga saya browsing tetang apa saja terkait dengan Timor Letse. Dan hari ini saya (ditakdirkan) tiba di blog ini.

Senang, itu yang saya rasakan. Meskipun saya tidak banyak memperoleh informasi terkini tentang Liquica (daerah pertama yang saya tinggali di Timor Lesete selama lebih dari 4 tahun).

Saya pernah tinggal di Timor Leste (Timtim) lebih dari 11 tahun, sebagai seorang Guru SMP. Terakhir saya mengajar di SMP Negeri 2 Dili Comoro.

Sekali lagi, hebat! Apresiasi yang tinggi untuk blog ini! Keep blogging brother! Semoga Timor Leste terus maju.

Lov3 Timor L3st3 said...

Hi Pakmis, apa kbr?
Salam kenal jg, ketika membaca comment bapak, saya jd terharu, bukan krn pujian tapi krn rasa rindu bapak di liquisa. Tentu slm 11 thun bertugs di liquisa pasti banyk kisah yg bapak pendam selama ini. Sy sdh kunjungi blog bapak, ternyat dari profilenya lmyan bnyk tecerita terutama ketika bpk tugs di Timor leste. Salut atas pengabdian bpk slm betgs di TL. Kata pepetah tak ada gading yg tak retak". kita semua pasti melakukan kesalahan. Terlepasnya timor leste dr RI adlh sebuah proses dan kita tdk perlu saling menyalahkan.Marilah kt menatap masa dpn. Sekali terma ksih bnyk atas kunjungan k blog ini. moga sukses selalu menyertai Bapak and keluarga.

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...