Saturday, 3 March 2012

Sistem komputer NASA di Hack

Sehabis bangun tidur, seperti biasa penulis membaca headline news di beberapa website yang cukup terkenal di dunia. Salah satunya adalah http://www.bbcnews.com/. Alasannya cukup sederhana, penulis ingin menambah pengetahuan dan menambah kosa kata di dalam bahasa inggris. Selain  itu kebutuhan akan bahasa inggris sangatlah penting terutama di era globalisasi. Salah satu artikel yang cukup menarik perhatian penulis adalah "Hackers had 'full functional control' of Nasa computers" atau bisa di akses di: http://www.bbc.co.uk/news/technology-17231695 
NASA adalah Badan Antariksa milik Amerika serikat dan selama ini cukup disegani di dunia antariksa, tapi pertanyaan adalah mengapa sampai sistem komputerisasinya dikendalikan oleh para hacker? lebih parah lagi sebagaimana laporan hasil investigasi yang dilakukan oleh Mr Martin's pada komite Science, Space and Technology's Subcommittee on Investigations and Oversight. menyatakan bahwa:
The attackers had "full system access" and would have been able to "modify, copy, or delete sensitive files" or "upload hacking tools to steal user credentials and compromise other Nasa systems".
( Attacker mempunyai " akses penuh ke sistem" dan akan mampu untuk melakukan " modifikasi, mengcopy atau menghapus file-file yang sensitif" atau mengupload tool hacking untuk mencuri user crendetial dan membahayakan sistem NASA yang lain).
Keamanan dalam jaringan komputer atau internet telah menjadi perhatian para ahli di bidang IT (info and Tech), berbagai macam cara dan tindakan pengcegahan telah dilakukan diantaranya menetapkan aturan-aturan yang berhubungan dengan cyberlaw, menyeret para hacker ke pengadilan dan tindakan preventif lainnya namun para hacker seakan tidak pernah berhenti untuk beraksi. Semakin ditekan semakin penasaran untuk mencari celah agar bisa menghack sistem jaringan itu sendiri. Perang cyber tidak bisa dielakan, negara-negara maju berlomba-lomba untuk saling bersaing di bidang teknology informasi, tindakan para hacker sering dituduhkan oleh negara yang menjadi korban ke negara lawan.Tuduh-menuduh sudah lumrah di dunia IT terutama yang berhubungan dengan data rahasia sebuah negara. Maka menurut penulis sebagus apapun sebuah sistem jaringan komputer atau internet, selama masih terkoneksi ke dunia luar akan tetap ada celah bagi hacker untuk melakukan aksinya. If you are interesting in IT or cyber law please give a comment. Thanks.

No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...