Wednesday, 14 March 2012

google doodles: Akira Yoshizawa 101st Birthday-Origami art


Hari ini google doodles menampilkan logo  berupa lipatan kertas yang yang membentuk tulisan google. Origami, sebagaimana penulis ketahui adalah salah satu permainan Jepang yang berupa seni melipat kertas sehingga bisa membentuk berbagai macam model yang kita sukai. Contoh real yang sering kita lihat dari penerapan ilmu origami adalah pada bungkusan kardus TV, kulkas atau kalau anak TK atau SD sering diajari gurunya untuk membuat pesawat terbang atau kapal laut dari lipatan kertas tersebut. Menurut situs 
Akira Yoshizawa merupakan seorang Grand Master Origami yang lahir pada tanggal 14 maret 1911 dan meninggal 14 maret 2005 atau tepat hari ini merupakan hari ulang tahun Akira Yoshizawa yang ke 101. Salah satu teknik origami yang dikembangkan oleh Akira Yoshizawa adalah yang disebut dengan Wet-folding yakni membasahi kertas dengan menggunakan air sehingga memudahkan untuk memanipulasinya. Permainan origami tentu bukan permainan biasa, kadang butuh waktu dan pikiran untuk bisa melipat kertas dan membentuk sebuah model yang disukai. Semakin rumit model yang diinginkan, semakin banyak waktu dan pikiran untuk menyelesaikannya. Bagi para pembaca yang belum pernah atau penasaran ingin belajar ilmu origami bisa klik web site di bawah ini.

Selamat mencoba


2 comments:

indobrad said...

hi Paulo,

saya sebenarnya cukup sering mengunjungi blog ini meski lebih banyak sebagai silent reader saja, tidak meninggalkan komentar. namun saya memiliki ketertarikan khusus dengan masyarakat pulau Timor, termasuk Timor-Indonesia dan Timor Leste tentunya. Sejak itu saya sering mencari blog-blog orang Kupang atau TL namun nampaknya jarang saya temui.

Bolehkah saya menghubungi Anda secara pribadi untuk bertanya-tanya tentang blog Anda? Misalnya tentang kapan mulai menulis di blog, kenapa ingin menulis di blog, dan hal-hal seputar blog lainnya yang sudah Anda jalani sehari-hari. Di samping itu kemungkinan pertanyaan akan melebar pula ke seputar dunia blog di Timor Leste, misalnya ada berapa blogger yang Anda tahu dan siapa saja yang aktif, dsb.

Hasil obrolan dengan Anda rencananya saya inginkan tuangkan di 2 blog saya sendiri yg berbahasa Indonesia dan Inggris. Pertanyaan bisa saya ajukan via email, atau kalau ada kesempatan mengobrol via YM/skype, itu lebih menarik lagi.

Hubungi saya di email: indobrad [at] gmail[dot]com. Baru sesudah itu kita dapat bertukar kontak personal.

Terima kasih atas perhatiannya membaca request ini.

Salam hangat,
Brad

Lov3 Timor L3st3 said...

Hi, Mr Brad. Apa kbr?. Setelah membaca commentnya, ternyata bnyk question yg harus sy jawab he.e. Sejujurnya pak, sy juga terinspirasi oleh blog anda, mungkin klu ada waktu saya akan email ke anda secara pribadi dan saya akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan yang ditunjukkan ke saya.
Terima kasih.

paul

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...