Thursday, 12 January 2012

profile kandidat presiden Timor Leste-2012

Tinggal beberapa bulan lagi Masyarakat Timor Leste akan melaksanakan PEMILU untuk memilih Presiden dan anggota parlemen. Karena menganut sistem semi presidensial maka, PEMILU di Timor Leste dilakukan dua kali yakni pemilu pada tahap pertama akan memilih presiden sedangkan pada  pemilu pada tahap kedua akan memilih anggota parlemen dimana partai yang memiliki suara terbanyak yang akan membentuk pemerintahan sekaligus mengangkat seorang Perdana Menteri (PM). Untuk pemilihan tahap pertama yakni pemilihan presiden, masyarakat Timor Leste akan dihadapkan pada beberapa figur yang sekarang beramai-ramai ingin mencalonkan diri sebagai presiden. Beberapa figur tersebut antara lain:

1. Ramos Horta
Sebagai seorang tokoh politik dan pemenang hadiah novel perdamaian, menteri luar negeri era pemerintahan Fretilin di bawah pimpinan Mari Alkatiri dan sekarang presiden RDTL, tentu punya peluang besar untuk terpilih kembali sebagai presiden RDTL  yang kedua kalinya. Namun seperti kata seorang teman dari indonesia yang memberi komentar seperti ini " masa pimpinan Timor Leste hanya orang itu-itu saja? kalau tidak Ramos Horta berarti Xanana, kalau tidak Xanana berarti Mari alkatiri". Ketika mendengar komentar dari teman tersebut penulis hanya tersenyum dan harus mengakui bahwa  selama ini memang tokoh-tokoh di atas memiliki peranan yang cukup signifikan dalam perjalanan Timor Leste menuju kemerdekaan. Tapi jangan salah, masih ada beberapa calon penantang Ramos horta yang ingin mencalonkan diri mencari presiden RDTL.

2. Taur Matan Ruak
Sebagai seorang pejuang kemerdekaan dan mantan panglima angkatan bersenjata Timor Leste-FDTL, Taur matan ruak menjadi salah satu generasi baru dalam kanca perpolitikan Timor Leste. Dikenal low profile dan berhasil mengendalikan FDTL dalam kerusuhan berbau rasis pada krisis 2006, menjadi modal tersendiri bagi Taur matan ruak untuk bisa bersaing dengan para kandidat presiden lainnya.

3.Lu Olo
Mantan presiden parlamen nasional Timor Leste era pemerintahan Fretilin,  pejuang kemerdekaan dan kini memegang jabatan sebagai ketua Partai Fretilin., Lu olo punya peluang untuk menjadi orang nomor satu di Timor Leste. Selain dikenal sebagai seorang leader yang low profile, Lu olo juga akan mendapat dukungan dari para pendukung partai Fretilin yang tersebar diseluruh wilayah Timor Leste.

$. Lukas Da Costa
Sebagai seorang akademisi, anggota Parlemen dan Rektor Universidade da Paz (UNPAZ). Dr. Lucas memiliki peluang sama yang dengan para kandidat lain untuk menjadi presiden Timor Leste.

6. Francisco Xavier
Atau biasa memanggilnya "Avo (nenek) xavier, adalah Presiden RDTL pertama sebelum Timor Leste di invasi oleh Indonesia pada tahun 1975. Avo xavier identik dengan partai ASDT yang didirikannya. Oleh sebab itu meski sudah tua dan sering mengalami masalah kesehatan, partai ASDT tetap mencalonkan beliau untuk pemilihan presiden 2012.

7. Angelita Freitas
adalah satu-satunya kandidat presiden dari kalangan kaum perempuan. Meski kurang populer dibandingkan dengan calon yang lain, kehadiran Angelita freitas setidaknya telah mewakili kaum hawa untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi pemilihan presiden tahun 2012.
Dari semua daftar profile di atas, masing-masing kandidat memiliki potensi dan kharisma untuk menarik para pemilih untuk memilih mereka sebagai presiden Timor leste yang datang. Tentu pemilu 2012 ini bukan hal yang baru bagi masyarakat Timor leste untuk memberikan suara mereka secara bebas, tanpa intimidasi dalam memilih pemimpinnya. Masyarakat Timor leste telah belajar banyak tentang bagaimana berdemokrasi yang baik yakni menghargai sesama yang berbeda partai politik dan ideologi tanpa harus ada saling membenci, saling mengintimidasi dan saling membunuh. Karena hanya dengan cara demikian  pemilu 2012  bisa berjalan lancar, aman dan damai, tanpa harus terjadi chaos dan pertumpahan darah.













No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...