Wednesday, 16 November 2011

Partisipasi Sepak Bola Timor Leste U-23 di SEA GAMES 2011

Keikutsertaan tim sepak bola Timor leste U-23 di Sea Games 2011 telah memberi warna tersendiri di arena sepak bola Asean. Pada laga pertama di Group B Timor leste berhasil menundukkan Brunei Darusalam dengan skor 2-1, dan pada laga kedua, Timor Leste juga berhasil menundukkan philipina dengan skor 2-1. Namun malapetaka datang ketika memasuki laga ketiga melawan tim dari Vietnam. Dengan dikeluarkannya top skor  Marilo Almeida akibat kartu merah pada babak pertama nyaris tim Timor Leste tidak bisa memberikan perlawan berarti dan akhirnya harus mengakui kemenangan tim dari Vietnam dengan skor 2-0. Pada laga keempat melawan tim Laos yang secara statistik tim Timor Leste diunggulkan justru harus kalah tragis dengan skor 3-0 bagi tim Laos. Kekalahan Timor Leste lawan Laos bukan saja menyulitkan Timor leste untuk memasuki babak lanjut di group B karena harus bersaing dengan tim Myanmar dan Vietnam, tapi juga sangat menyakiti hati masyarakat Timor Leste yang terkenal dengan fanatisme akan olahraga si kulit bundar ini. Kekalahan berturut-turut yang dialami tim Timor leste ketika melawan Vietnam, Laos dan pada laga terakhir di group B melawan myanmar dengan skor 1-0 membuat posisi Timor Leste berada diposisi tiga dibawa Myanmar dan vietnam di Sea Games sepak bola U-23 2011. Skor lengkap sepak bola Sea games U-23 Sea Games 2011 group B bisa dilihat tabel di bawah ini:
Pos
Tim
Ma
Mg
S
K
GM
GK
P
1
Vietnam
4
2
1
0
13
1
10
2
Myanmar
4
2
1
0
12
2
10
3
Timor Leste
4
2
0
2
9
8
6
4
Laos
4
1
1
2
9
8
4
5
Filipina
4
1
0
3
5
12
3
5
Brunei
4
0
1
3
3
15
1


Cerita tentang kekalahan yang dialami Sepak bolaTimor Leste  U-23 di Sea Games 2011 patut mendapat perhatian serius dari pemerintah RDTL  juga  Federação de Futebol de Timor-Leste-FFTL. Pemerintah perlu memberikan suntikan dana bagi pembinaan sepak bola Timor Leste terutama bagi bagi klub-klub yang ada di distrik-distrik. Karena sepak bola bisa menjadi sumber devisa negara (lihat kasus brasil dengan mengekspor pemain ke luar negeri) juga sebagai alat pemersatu masyarakat Timor Leste. FFTL perlu mengadakan kompetisi liga yang  diselenggarakan secara rutin tiap tahun karena selama ini partisipasi FFTL dalam penyelenggaraan liga sepak bola di timor leste kurang mengema alias mengadakan pertandingan sepak bola hanya pada event-event tertentu. Selain itu partisipasi pengusaha Timor Leste juga sangat diharapkan demi pengembangan sepak bola terutama dukungan dana bagi klub-klub yang ada di Timor Leste khususnya yang ada dikota Dili. Viva futebolista Timor Leste.















2 comments:

Abdino said...

sebuah pelajaran buat fftl dan sejd, agar ke depan dapat membenahi sistem seleksi tim nasional guna mengikuti sebuah event internasional. jangan pernah memakai sistem KKN yang sering kita akses di media-media di negeri ini. dan buat fftl sudah saatnya organisasi ini menyelengarakan turnamen lokal untuk menjamin eksistensi sepakbola timor leste ke depan.

Lov3 Timor L3st3 said...

Obrgado bro. ba comentario. Los duni buat barak mak FFTL lao ladun diak pior liu tan mak kuando uja KKN ba hili jogador sira.espera katak ba oin bele iha mundanza ba Actividade desportu football nian.