Friday, 18 November 2011

Mengenang 224 tahun hari kelahiran Luis daguerre

Pagi hari ini, ketika membuka browser penulis dikejutkan oleh tampilan web milik google yang agak berbeda dengan yang lainnya. Sebenarnya ini bukan hal yang baru bagi tim google untuk terus berinovasi dalam menampilkan website google agar tetap terlihat menarik untuk dikunjungi. Satu hal yang dilakukan oleh tim google adalah dengan menampilkan tokoh-tokoh terkenal yang telah meninggal dunia agar tetap dikenang oleh para pengunjung lewat di tampilan web milik google ini. Hari ini tim google menampilkan figur Luis daguerre. Siapa sebenarnya Luis daguerre? Menurut situs : http://en.wikipedia.org/wiki/Louis_Daguerre, Luis daguerre yang bernama lengkap Louis-Jacques-Mandé Daguerre lahir pada tanggal 18 November 1787 dan meninggal dunia pada tanggal 10 juli 1851. Dan hari ini tanggal 18 November 2011 tepat hari ke-224 meninggalnya Luis daguerre. Luis faguerre adalah seorang seniman dan fisikawan berkebangsaan Perancis, terkenal dengan penemuannya dibidang fotografi yang dikenal dengan proses daguerreotype. Proses Daguerreotype adalah proses fotografi pertama yang dipatenkan oleh Daguerre pada tahun 1838. Lalu bagaimana proses Daguerre itu bekerja? silahkan lihat tahap-tahap di bawah ini (tapi maaf belum sempat diterjemahkan):
  1. Get yourself a high-quality copper plate and cut it to size. I use thick, heavy engraver's copper and cut it to 4x5 inches.
  2. Polish the copper plate, check for blemishes
  3. Plate the copper with pure silver
  4. Polish the silver plate to a mirror finish, check for blemishes
  5. Sensitize the plate over Iodine crystals in a darkroom
  6. Load into a camera plate holder
  7. Take photograph
  8. Develop Daguerreotype using sunlight and red-film (this is called the Becquerrel process which frees me of the requirement of working with a bubbling hot pot of Mercury)
  9. Clear the Daguerreotype in Sodium Thiosulfate solution
  10. Wash the Daguerreotype in tap water and distilled water
  11. Gild the Daguerreotype using Gold Chloride solution and a blowtorch
  12. Wash the Daguerreotype again in tap water and distilled water
  13. Dry the Daguerreotype
  14. Encase in glass with mat for preservation (I put them in cases or in frames)

source: 

No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...