Wednesday, 21 July 2010

ICT-TL, Where are you now?

Organisasi ICT-TL (Info, Comm, and Technology-Timor Leste) terbentuk sejak tanggal 23 April 2005. Awal terbentuknya organisasi ICT-TL sempat diwarnai pro-kontra, namun akhirnya terbentuk juga organisasi ICT-TL dimana diketuai oleh Abel Pires dan anggota-anggotanya. Masih teringat di memory Penulis, setelah terbentuk ICT-TL, organisasi ICT-TL langsung mengadakan kerja sama dengan INET (salah satu ISP di Timor Leste) untuk menyediakan internet gratis bagi mahasiswa di Timor Leste. Keberadaan ICT-TL selain sebagai wadah untuk menampung seluruh Aktivis ICT; juga sebagai patner bagi pemerintah dalam memajukan sektor ICT di Timor Leste.
Sejak terbentuknya organisasi ICT-TL di bawah pimpinan saudara Abel Pires dari tahun 2005-2010, sudah ada beberapa kegiatan yang  telah dilakukan oleh ICT-TL diantaranya:

1. Mengundang Pak Ono Purbo ke Timor Leste untuk memberi pelatihan Wajan Bolic di NGO Forum. Informasi resmi bisa dibaca di: 
2. ICT-TL berkerja sama dengan FONGTIL dalam training MESH POTATO. Info Resmi bisa baca di 

Selain kegiatan yang telah penulis sebutkan di atas; ICT-TL yang dinahkodai oleh saudara Abel Pires, juga terlibat di beberapa kegiatan yang diselenggarakan bersama antara Diresaun Nasional ICT (DNICT), FONGTIL, INFO TIMOR dalam kemajuan ICT di Timor Leste. Kegiatan tersebut diantaranya:
1. Megundang Pak Ono Purbo bersama tim RISTEK dari Indonesia dalam memberikan pelatihan Linux bagi para aktivis Linux di Timor Leste. Info resmi bisa di baca di: 
2. Megadakan kegiatan bersama dengan DNICT dan UN-APCICT dalam pelatihan Modul ICT di Salao delta nova Komoro Dili. Info resmi bisa dibaca di:

Sebagai orang yang cukup aktif dibidang ICT (Info, Com and Tech), penulis  salut akan hasil yang dicapai oleh organisasi ICT-TL selama kepengurusan Saudara Abel Pires bersama timnya. Hal ini sesuai dengan misi Awal ICT-TL yakni:
- Pendidikan dan Pelatihan untuk meningkatkan tingkat kemampuan ICT di Timor - Leste. 
Namun seiring perjalanan waktu; nama ICT-TL hampir tak terdengar lagi  terlebih setelah tinggal pergi  saudara Abel Pires.  Kevakuman kepengurusan di ICT-TL selain berdampak pada minimnya aktivitas juga berdampak pada semakin lemahnya jaringan kerjasama yang selama ini terbina dalam memajukan sektor ICT di Timor Leste.


No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...