Thursday, 8 April 2010

Hari kedua.

Session di hari kedua dibawakan oleh Mr. Dana dari Universitas Indonesia (UI). Materi presentasinya adalah model-model E-Government. 8 mdel E-Gov:

1. Pemerintah ke Masyarakat (G2C)

2. Masyarakat ke Pemerintah (C2G)

3. Pemerintah ke bisnis (G2B)
4. Bisnis ke pemerintah (B2G)

5. Pemerintah ke pegawai (G2E)

6. Pemerintah ke pemerintah (G2G)

7. Pemerintah ke organisasi nirbala(G2G)

8. Organisasi Nirbala ke Pemerintah (N2G)
Setelah selesai materi yang dibawakan oleh pak Dana, acara dilanjutkan dengan coffe break dan rama tama. Dari pantauan penulis di session hari kedua ini banyak beserta yang hadir. Ada juga beberapa peserta yang mewakili kaum wanita. Mereka juga cukup aktif dalam session Tanya jawab kepada pak dana. Sehabis coffe break acara selanjutnya dibawakan oleh pak yudho. Di session cukup menarik karena menampilkan beberapa video klip mengenai perkembangan teknologi informasi negeri korea dan implementasi E-Gov di propinsi Bali. Beberapa peserta cukup antusian mendengarkan pejelasan bapak yudho yang interaktif, energik dan mudah untuk dipahami. Setelah pak Yudho mengakhiri presentasinya pada jam 12.00. Acara dilanjutkan dengan sesi pemotretan bersama dengan Mr.Chris dari UN-APCICT, Bapak Yudho, Bapak Dana, Direktur DNICT Bapak Flavio C. Cardoso dan seluruh peserta yang hadir di acara ini. Setelah acara session foto bersama acara dilanjutkan dengan session Tanya jawab kepada Mr.Kumar mewakili Databridge dari Malaysia. Ada beberapa point yang bisa dipetik dari penuturan Mr. Kumar adalah pentingnya demand dari masyarakat tentang pentingnya ICT bagi pembangunan. Dengan adanya demand, Pemerintah berkewajiban dan dipaksa untuk memenuhi dan memakai ICT sebagai salah satu penunjang pembangunan. Dalam acara ini bagi peserta yang mengajukkan pertanyaan akan diberikan T-shirt. Sebanyak lima (5) peserta yang beruntung mendapatkan T-shirt ini. Sehabiskan makan siang, jam 13.30 dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Bapak Yudho. Dalam presentasinya beliau membawakan topic dengan berjul Government to Business (G2B). Bukan Pak yudho namanya kalau session yang dibawakan tidak ditampilkan video klip. Kali ini video yang beliau bawakan bertemakan perkembangan teknologi di Korea. Jam 14.30 dilanjutkan dengan sessing yang dibawakan oleh pak Dana dengan tema Government to Government (G2G). Walau materi yang dibawakan para narasumber ini cukup berat, namun para peserta tetap semangat untuk mengikuti seluruh session di hari kedua.

1 comment:

makai said...

gaya yehhhhh..bagi2 dong komp.nya
kenape nggak minta laptop model terbaru.....tapi jangan cuma 1...kalau bisa dilebihkan....
ciaooooooooooooo

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...