Thursday, 26 November 2009

workshop satu hari bersama ADB

Hari ini dari Direktorat ICT diundang oleh ADB untuk hadir di acara workshop sehari dengan topik "komunikasi yang efective". Peserta yang hadir sekitar 20 an orang terdiri dari Advisor ADB, Director dan Chief od Department. Acara ini di adakan di ruang meeting kementerian infrastructure caicoli Dili. Sesuai jadwal acara ini seharus dimulai pukul 9.00 Tapi karena banyak peserta yang belum hadir, panitia memberi tambahan waktu 15 menit baru acara itu dimulai. Acara ini sendiri dibuka oleh Pak. Jose mestre salah satu direktur di kementerian Infrastruktur. Setelah acara pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi yang dipresentasikan oleh Nelson salangsang dari ADB Consultant di kementerian Infrastruktur. Model acaranya cukup menarik, unik dan santai. Yang lebih lucu lagi adalah di session "Hasoru hau nia kolega (ketemu saya punya teman)". Di session ini peserta diwajibkan untuk:
1. memperkenalkan diri dengan berdiri, jalan keliling, salaman dan menyebutkan identitas diri selama ketemu group atau teman yang lain selama 2 menit.
2. Ketika bel berbunyi orang terakhir yang kita ketemu inilah yang akan jadi kawan atau patner kita selama training ini berlangsung.
3. Selama saling berkenalan dengan teman baru ini, kita  diwajibkan untuk mengambar muka lawan bicara kita. Untuk lebih jelas silahkan lihat mukaku ketika di gambar oleh teman baru yang dipajang didepan meja presentasi. Banyak yang gambar yang lucu bahkan terkesan jauh dari kenyataan. tapi itu permainan. Peserta hanya mengikuti perintah yang diberikan oleh sang leader. Selain mengambar wajah lawan bicara, ada lagi satu session yang bagi penulis cukup menarik yaitu: Mari kita bermain" Menyampaikan pesan". Di session ini kita dibagi menajdi tiga (3) group dalam bentuk barisan. Masing-masing group dipimpin oleh salah tim leader. Tiap tim leader mendapatkan sebuah kertas yang berisi sebuah kalimat yang hanya boleh diketahui oleh anggota tim. tim kami terdiri dari 5 orang. Isi pesan di kertas itu sebagia berikut" informasaun diak no lalais (info yang baik dan cepat)". Dari 3 group ini, group kamilah yang menjadi juara dan hadianya berupa coklat  seperti foto yang ku pajang di blog ini. ketika teman terakhir yang menerima pesan disuruh ke depan, terjadi protes dari group lain, penyebabnya ucapan dalam bahasa inggris yang seharusnya "fast" menjadi "first". ehhhh...

No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...