Tuesday, 13 June 2017

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. begitupun dengan penulis blog ini, rencana mengunjungi air panas marobo sebenar sudah agak lama, namun karena beberapa hal rencana tersebut tidak kunjung terlaksana dan baru bisa berkunjung ke air panas marobo dilakukan minggu yang lalu. Nah, untuk mengunjungi air panas marobo, tentunya para pengunjung terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal diantaranya:


TRANSPORTASI

Mengunjungi obyek wisata air panas marobo selain karena indahnya alam wisata itu sendiri juga yang tak kalah menarik adalah medan yang cukup berat dan penuh tantangan bagi para pengunjung. maka selain mengandalkan seorang guide yang handal juga dibutuhkan kendaraan yang punya kemampuan untuk mengantar sampai di tujuan. kota maliana sendiri sebenarnya tersedia beberapa jenis mobil yang digunakan untuk khayak umum seperti bis kota. mikrolet, truk dan sepeda motor. Namun untuk mengunjungi air panas marobo disarankan untuk menggunakan mobil jenis 4wd atau yang sejenis.

LOKASI

lokasi air panas marobo terletak di District Maliana atau persisnya di ujung barat negara Timor Leste. waktu yang dibutuhkan berkisar 45 sampai satu jam dari kota Maliana ( waktu yang dibutuhkan dari dili ke Maliana berkisar  4 jam lewat darat). melewati bukit dan jalan yang berbelok-belok menjadi tantangan tersendiri para pengunjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan kota maliana dan sekitarnya. Luasnya hamparan sawah, hijaunya dedaun pepohonan dan ramahnya sapaan anak-anak "bom dia" semakin menambah semangat para pengunjung untuk segera mencapai air panas marobo. Sebelum mencapai Marobo, kita akan melewati akan melewati beberapa wilayah seperti Rai Fuin dan atubaen. Melewati wilayah tersebut tentunya punya ciri khas tersendiri terutama di musim hujan, wilayah ini tertutup oleh awan tebal dan udara dingin yang menusuk badan. Setelah melewati perjalanan yang memakan waktu hampir satu jam, terbentang sebuah papan nama yang bertuliskan "Marobo Hot Spring"persis di persimpangan jalur menuju Marobo dan jalur lain ke District Suai. Itulah informasi yang tertera di papan tersebut dan anda akan melewati beberapa jalur menurun hingga mencapai air panas marobo.

Papan nama Marobo Hot Spring-Maliana
Sesuai dengan informasi yang tertera di papan informasi tersebut bahwa jarak yang ditempuh untuk mencapai tempat pemandian air panas Marobo sekitar 5,5 km. Setelah melewati beberapa kampung dan melihat secara dekat pemandangan alam sekitar kampung, tibalah kita ditempat yang dituju yakni Marobo Hot Spring atau dalam bahasa daerah tetum "Be Manas Marobo". Namun sebelum mencapai lokasi yang dituju, terlebih duhulu kita menjumpai beberapa hal seperti di bawah ini:


BENTENG PORTUGIS


Bangsa Portugis yang menjajah Timor Leste tentunya meninggalkan beberapa barang peninggalan yang cukup bernilai historic bagi para kaum muda Timor Leste. Salah peninggalan bangsa Portugis yang tersebar di beberapa wilaya Timor Leste adalah Benteng. Hal yang sama akan kita temui disekitar lokasi pemandian air panas Marobo. Benteng -benteng yang berdekatan dengan lokasi pemandian berumur cukup lama, meskipun demikian tidak ada informasi lengkap yang bisa penulis sajikan ke para pembaca mengenai umur dari benteng-benteng tersebut. Cukuplah itu sebagai bukti sejarah akan keberadaan bangsa Portugis di bumi Loro Sae. Beberapa foto mengenai peninggalan benteng Portugis bisa dilihat di fot berikut:


Benteng peninggalan Portugis di Marobo

Foto peninggalan benteng Portugis di Marobo
Sisa-sisa peninggalan benteng Portugis tersebut ada yang tinggal tiang ada juga yang masih berbentuk namun semuanya akan hancur termakan usia. Bila tidak ada penanganan serius dari pemerintah Timor Leste untuk merawatnya maka akan punah dan itu sangat tidak diharapkan oleh generasi penerus Timor Leste.


 TIKET DAN KOLAM RENANG

Sebagaimana dengan obyek wisata ditempat lain, hal yang sama juga berlaku di obyek wisata pemandian air panas Marobo. Tiket yang diberlakukan hanyalah untuk kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. Biaya masuk untuk kendaraan atau mobil dikenakan sebesar $ 5 sedangkan untuk motor dikenakan biaya sebesar $ 1 USD. informasi lengkap bisa dilihat di foto ini:

Papan Informasi Pemandian air panas Marobo


Setelah membayar sejumlah uang sesuai yang tertera di papan informasi tersebut, para pengunjung bisa segera menikmati pemandian air panas Marobo. Air panas Marobo terdapat 3 kolam yang letaknya berderetan satu sama lain. masing kolam memliki karakteristik tersendiri.
kolam renang air panas Marobo-Maliana

  Kolam yang pertama (warna biru) adalah air yang ditampung langsung dari sumber air yang berasal dari gunung. Air yang tertampung di kolam ini sangat panas. sebagian airnya dikeluarkan lewat kerang air sehingga banyak pengunjung memanfaatkan air tersebut untuk mandi atau sekedar menghangatkan tubuh. Mengingat perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan, alangkah baiknya bila para pengunjung coba sedikit air yang keluar dari kolam pertama.  Awalnya tubuh terasa panas seperti mau terbakar namun lama kelamaan tubuh kita menjadi segar kembali kita memanfaatkan air tersebut.
   Kolam yang kedua (warna putih) berisi air dingin dan bercampur kapur. Beberapa pengunjung memanfaatkan kapur tersebut untuk membersihkan badan atau sekedar berendam di kolam tersebut.
    Kolam yang ketiga (warna hijau) berisi air hangat, cocok untuk mandi berlama -lama di dalamnya. Ukuran dari kolam tersebut tidak terlalu dalam, sehingga memungkinkan siapa saja bisa mandi dalam kolam tersebut. Selain keberadaan kolam-kolma tersebut, disekitar lokasi pemandian terdapat beberapa bangunan yang bisa dipakai untuk beristirahat atau sekegar memberihkan badan atau menganti pakaian. Seperti yang terlihat di foto ini:

Bangunan sekitar lokasi pemandian
Suasana Air panas Marobo
photo session with friends


Selain dikelilingi oleh bangunan-bangunan yang telah penulis sebutkan di atas, disekitar lokasi juga terdapat beberapa kios-kios yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti minuman dan makanan ringan. secara umum lokasi pemandian air panas Marobo cukup menantang untuk dikunjung oleh masyarakat Timor Leste maupun para turis dari negara lain. selain karena air panas Marobo yang begitu mengoda juga keindahan alamnya yang membuat penasaran para pengunjung untuk mengunjunginya.   Again...Welcome to visit to Marobo Hot Spring............

No comments:

WELCOME TO MAROBO HOT SPRING..

Marobo hot spring atau air panas Marobo cukup terkenal di kalangan masyarakat Timor Leste. mulai dari kalangan anak-anak, orang dewasa maup...