Monday, 25 March 2013

Open Your Mind with Wireless Technology-TOSC

Beberapa hari yang penulis di undang untuk menjadi salah satu pembicara di seminar dengan tajuk "Open Your Mind With Wireless Technology" yang diselenggarakan oleh Timor Leste Open Source Community (TOSC) salah satuNGO yang bergerak di Open source di Timor Leste. Sebenarnya panitia acara mengundang Vice Minister Transport and Communication untuk hadir di acara ini, namun karena ada halangan sehingga tidak bisa hadir di acara tersebut. Pembicara di acara ini selain penulis (mewakili pemerintah ) juga ada dari pihak Telkomcel dan beberapa pembicara dari NGO yang cukup aktif di komunitas Open Source Timor Leste. Topik yang penulis bawakan disini adalah" Oinsa Governu nian papel atu regulariza setor Telekomunikasaun iha Timor Leste atau di terjemahkan kira-kira Bagaimana peranan pemerintah untuk mengontrol sektor Telekomunikasi di Timor Leste". Topik ini cukup relevan seiring kehadiran ketiga perusahaan Telekomunikasi: TimorTelecom (TT), Telkomcel (Indonesia) dan Viettel (Vietnam) dalam melakukan bisnis telekomunikasi di bumi Loro Sae. Kehadiran ketiga perusahaan ini selain meramaikan bisnis telekomunikasi di Timor Leste tentunya pemerintah juga punya peranan yang cukup sentral dalam mengatur dan menyiapkan aturan hukum yang ketat agar kompetisi yang sedang berjalan bisa menguntungkan semua pihak baik perusahaan operator maupun kalangan masyarakat umum yang selama ini menjerit akan  mahalnya biaya internet, telepon, SMS ,etc. 


Peserta
Menurut informasi yang penulis peroleh dari panitia ada sekitar 500 peserta yang hadir di acara tersebut  terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen dan dan para pengiat ICT di Timor Leste.  Para peserta ini cukup antusias mengikuti tiap sesi yang disampaikan oleh para pembicara. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat dan kalangan mahasiswa akan pentingnya pemanfaatan ICT di Timor Leste.

Free Internet Access
Acara ini mendapat dukungan dari beberapa kalangan seperti Telkomcel, Visimitra, dan jugaTimor Plaza namun yang lebih seru lagi adalah tersedianya fasilitas internet gratis yang disediakan oleh pihak panitia acara.  Penulis berharap semoga dengan kegiatan seminar ini semakin menumbuhkan minat para mahasiswa untuk lebih melibatkan diri dalam penguasaan ilmu teknologi dan pemanfaat ICT bagi pembangunan bangsa.

Congratulation for TOSC Who Organized the Seminar...










2 comments:

Paulo Gonçalves said...

Hello,
I visited your blog.
Congratulations for your work!! An interesting and nice blog!!
Good luck with your blog!
Greetings from Algarve, Portugal
Paulo Gonçalves

I invite you to visit my blog
http://viajaredescobrir.blogspot.com

Lov3 Timor L3st3 said...

Hello Paulo Goncalves, How are you doing? I wonder why we have same name .he.he..it's ok to have friend like you. Thanks for visited and greetings from Timor Leste and Happy Easter to your Family in Portugal..

Cheers
Paulo da Costa