Skip to main content

Mengapa perlu manajemen Network?

Dalam buku "Network Management Fundamentals" karya Alexander Clemm, PhD. menganalogikan network sebagai seorang pasien yang sedang di rawat di ruang ICU. Dalam perawatan di ICU, melakukan pemantauan (monitor) denyut nadi pasien secara terus-menerus sangatlah dianjurkan. Apabila terjadi perubahaan misalnya ketidak normal pada urat nadi tersebut maka perlu dilakukan respons sesegera mungkin. Fungsi kesehatan lain si pasien harus tetap dimonitor juga, seperti suhu dan tekanan darah. Karena bagian suhu dan tekanan darah tidak perlu penangganan khusus seperti urat nadi, maka cukup melakukan pengukuran tiap sejam sekali atau lebih. Dalam merespon gejala-gejala si pasien, dokter akan memberikan resep obat-obatan  dan perawatan. Sekali lagi, hanya melalui pemantauan (monitor) kondisi pasien akan diamati, di diagnosis atau jalur pengobatan lain apabila respon yang diberikan berbeda dengan yang diharapkan.
Sama halnya dengan Jaringan (network). Network juga perlu dimonitor, Fungsi kritis peralatan jaringan yang dapat menyebabkan gangguan layanan dipantau terus-menerus dan apabila perangkat berfungsi tidak normal maka akan segera memberikan peringatan agar segera beraksi sebelum masalah yang lebih serius terjadi pada perangkat tersebut.
Jadi Network management mengacu pada: kegiatan, metode, prosedur, dan peralatan yang berkaitan dengan: operasi (operation), administrasi (administration), pemeliharaan (maintenance) dan penyediaan (provisioning) sistem jaringan.
Operasi: berkaitan dengan menjaga jaringan (dan layanan yan di sediakan penyedia jaringan) supaya tetap berjalan lancar. Ini mencakup pemantauan jaringan untuk menemukan masalah secepat mungkin, idealnya sebelum user terinfeksi.
Administrasi: melibatkan penjagaan track pada sumber daya yang ada dalam jaringan dan bagaimana merekan ditugaskan. Hal tersebut berkaitan  dengan semua  "rumah tangga" yang diperlukan untuk menjaga perangkat tersebut tetap terkontrol.
Maintenance: berkaitan dengan melakukan perbaikan dan upgrade, misalnya: line card harus di ganti, ketika router perlu citra sistem operasi yang baru dengan patch, ketika switch yang baru dipasang pada jaringan tersebut.
Provisioning: Berkaitan dengan mengkonfigurasi sumber daya di jaringan untuk mendukung layanan yang diberikan. misalnya ini termasuk set up jaringan sehingga pelanggan yang baru dapat menerima layanan suara (voice).
Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini:




Definisi sempit dari Network management tidak akan mengacu pada " Networked systems" secara umum, akan tetapi hanya untuk " jaringan komunikasi". Kadang-kadang perbedaan dibuat diantara manajemen dari jaringan itu sendiri, manajemen dari sistem akhir yang terhubung ke jaringan, dan manajemen aplikasi (terkoneksi) yang berjalan dalam sistem yang terhubung ke jaringan. Perbedaan ini dibuat terpisah dengan istilah: Network management, system management, dan application management. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini:


This topic dedicate to all Friends in my Beatiful Country" Timor Leste"


Comments

Popular posts from this blog

Lospalos dan Com Beach Resort Terletak diujung timur Negara Timor Leste, perjalanan darat membutuhkan waktu 2 jam 30 menit dari Dili ke Lospalos. Kinamoko ya..itulah nama yang sering digunakan untuk menyebut orang lospalos. Kondisi wilayahnya datar seperti Suai. Sepanjang perjalan kita akan melihat hamparan sawah disekitar wilayah manatuto, bemase, laga, hingga laiwai perbatasan antara distrik Baucau dan Lospalos. Selain hamparan sawah, kita juga akan melihat secara dekat kerbau, sapi, kuda, domba, kambing berlalu lalang di persawahan dan pinggir-pinggir jalan. Selain pemandangan alam yang indah, kita juga akan melihat secara dekat kehidupan masyarakat di pedesaan. Rata-rata sistem pengelolahan sawah dan ladang masih menggunakan sistem tradisional. Kalau musim hujan tiba, sawah dan ladang akan terlihat menghijau tapi setelah musim kemarau tiba semuanya akan mengiring tak terurus. Masyarakat petani di daerah tidak diajarkan bagaimana mencari alternative usaha lain dalam menghadapi musim

CRISTO REI

Ohin hanesan opotunidade diak ida ba hau tamba ami ministerio hetan servico limpeza iha area Cristo Rei. Desde uluk kedas hau sidauk ba fatin ida ne'e. interstante tebes, tamba statu Criste rei hanesan statu nebe boot liu iha rai Timor Leste no segundo iha mundo depois Cristo Rei iha rai Brazil. Agora dadaun ema trabalhador komesa hadia fali fatin ne'e. Companha nebe mak kaer mak companha naran "Montana diak". Tuir info nebe ami rona katak iha futuru sei monta siguransa no bilhete atu tama ba fatin neba. dala ruma los karik, tamba uma ida husi main gate ou pintu masuk hari iha neba. Trabalhador sira mos komesa pinta no hadia fatin stasaun molok atu to'o iha Cristo Rei. Atu to'o iha statu Cristo rei ita sei hasoru skada barak no stasi-stasi. Sei harak ba pasiar, reza terso ou jogging diak liu hili fatin Cristo Rei. Fresco no furak. alende fresco, husi foho nian tutun ita bele hare cidade Dili, no tasi ibun nebe furak. Antes atu nia tutun, ita sei hasoru Kapela

Minuman SAGIKO & Pemilu 2012

Pada suatu hari penulis mendapat oleh -oleh dari seorang teman yang baru pulang liburan dari Dili. Oleh -oleh tersebut berupa minuman kaleng ringan bermerek SAGIKO. Minuman SAGIKO cukup populer di kalangan masyararakat Timor leste karena selain manis juga cocok untuk daerah panas seperti Timor Leste.  Minuman kaleng SAGIKO biasanya selain dikonsumsi sendiri  juga dipersiapkan untuk acara penting seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara penting lainnya.  Di kota Dili, banyak sekali toko atau supermarket yang menjual minuman baik yang ringan sampai yang berkadar alkohol tinggi. Minuman tersebut berasal dari berbagai negara, korea, singapore, vietnam, australia, indonesia dan portugal. Daya beli masyarakat yang cukup tinggi dan mata uang Dollar amerika yang digunakan sebagai alat transaksi  menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk terus mengirim dan menjual produknya di Timor Leste. Ketergantungan akan barang-barang impor tersebut bukan saja melemahkan perekono