Thursday, 23 June 2011

Dr Kerry Taylor-Leech

 Namanya Dr Kerry Taylor-Leech. Perkenalan penulis dengan Dr Kerry Taylor-Leech bermula ketika Dr. Kerry  meminta ijin untuk mengambil salah satu photo yang di muat di blog ini. Photo tersebut penulis ambil tahun 2009 di Timor Leste. Dalam email balasan penulis menulis dalam bahasa inggris yang kira-kira maksudnya seperti ini" Terima kasih Dr. Kerry, nama saya Paulo da Costa, saya adalah pemilik blog ini, saya mengijinkan anda untuk mengambil photo tersebut dan berharap hasil karya anda bisa bermanfaat bagi Negara Timor Leste". Setelah beberapa kali melakukan kontak melalui email. Komunikasi kami sempat terputus dalam waktu yang cukup lama yakni sekitar 5 bulan-an., tiba-tiba penulis dikejutkan dengan email dibawa ini:
Dear Paulo,
I have great pleasure in attaching the online version of my article in which your photo is featured. You will be the first person to read it. I hope you approve of what I wrote and enjoy it.  Thank you again for letting me use your photo.
La'o ho Maromak
Kerry

Dr Kerry Taylor-Leech
Lecturer in Applied Linguistics
Faculty of Education
University of Southern Queensland


Ketika membaca email tersebut, perasaan senang,bangga dan bahagia bercampur aduk. Senang karena hasil jepretanku  bisa dimuat di karya jurnal beliau, bangga karena akulah orang pertama yang membaca karya tersebut dan yang lebih membahagiakan adalah ketika membaca jurnal international tersebut beliau tidak lupa untuk mencantumkan link blog ini ketika photo itu di ambil.
Perkenalan dengan Dr Kerry Taylor-Leech telah memberi pelajaran berharga kepadaku tentang:
1. secara etika, meminta ijin terlebih dahulu kepada si pemilik, jadi bukan asal copy-paste.
2. Mengakui, menghargai hasil karya orang lain, sangatlah penting di dunia ini, karena hanya dengan cara demikian akan meningkatkan semangat untuk terus berkarya, berinovasi tanpa harus kehilangan hak (copyright) bagi si pemilik.
3. kejujuran, dan dapat dipercaya.  Secara pribadi perkenalan dengan Dr Kerry Taylor-Leech telah menciptakan image yang positif tentang kepribadian beliau, walau secara fisik kami  belum pernah ketemu.
Terima kasih Dr Kerry Taylor-Leech atas dimuat photo tersebut di karya jurnalmu.


No comments: