Skip to main content

Microlet Dili dan Monorel Jepang.


Inilah tipe dua model sistem transportasi di Timor Leste dan Jepang. Pasti banyak orang yang akan bertanya kenapa harus bandingkan Negara yang baru berdiri 10 tahun dengan Negara yang sudah berumur ratusan tahun?. Sekali lagi tidak ada unsur kesenjagaan membandingkan negeriku dengan negeri Jepang. Maksud dari tulisanku kali ini adalah bukan untuk membandingkan sistem transportasi Jepang dengan sistem transportasi yang ada di Timor Leste, suatu hal yang sangat berbeda sekali. Kebanyakan masyarakat Jepang lebih memilih monorel, dibanding menggunakan mobil pribadi atau bis. Karena bepergian dengan monorel tidak akan ada kemacetan lalulintas, dan halte-halte perhentian monorel ini sangat strategis baik itu dekat lokasi pusat perbelanjaan, kantor-kantor maupun apartement. Pemerintahan Jepang tahu betul bagaimana cara memberikan fasilitas terbaik buat masyarakatnya. Pada suatu kesempatan aku bertanya pada teman orang jepang, siapa nama orang terkaya di Jepang?. Teman itu menjawab: kalau di Jepang hampir tidak bisa menilai mana yang kaya dan mana yang miskin memang ada juga istilah homeless tapi jumlahnya sangat kecil. Masyarakat Jepang baik itu yang miskin ataupun kaya akan lebih memilih monorel, sub way atau sinkanzen karena tepat waktu dan tidak macet. Maka jangan heran bila melihat kondisi wilayah Jepang hampir mirip dengan Timor Leste tapi sistem infrastruktur seperti Jembatan, Rail way, sub way, toll dan lain-lain mungkin yang tebaik di dunia, Selain nyaman juga bersih dan teratur. Di Timor leste mungkin kita akan melihat hal yang berbeda. Kendaraan umum seperti mikrolet akan sangat susah bagi masyarakat yang berekonomi lemah. Tidak percaya! Bepergian dengan menggunakan mikrolet terutama di Dili sebagai ibu kota Negara, akan sangat susah, kita harus menunggu dan menunggu kadang sampai berjam-jam baru dapat tempat duduk. Bagi kaum laki-laki kadang lebih nekad, mereka bisa mengantungkan diri dekat pintu masuk mikrolet tersebut. Memang lebih beresiko tapi apa boleh buat, naik taxi harus bayar $1 mendingkan naik mikrolet Cuma bayar 10 cent. Masalah ini tidak hanya dihadapi oleh masyarakat umum tapi juga anak sekolah. Kadang mereka harus terlambat ke sekolah karena tidak tersedia sarana transportasi yang memadai buat mereka. Posisi masyarakat cukup dilematis, disatu sisi ingin menikmati fasilitas transportasi yang lebih baik tapi disisi yang lain mereka tidak mampu untuk membayarnya. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah dalam hal ini kementerian yang berkompeten harus mempunyai studi kelayakan terhadap sistem transportasi terutama di Dili agar tidak terjadi kemacetan lalulintas, mudah terjangkau, nyaman, bersih dan murah.

Comments

Popular posts from this blog

Lospalos dan Com Beach Resort Terletak diujung timur Negara Timor Leste, perjalanan darat membutuhkan waktu 2 jam 30 menit dari Dili ke Lospalos. Kinamoko ya..itulah nama yang sering digunakan untuk menyebut orang lospalos. Kondisi wilayahnya datar seperti Suai. Sepanjang perjalan kita akan melihat hamparan sawah disekitar wilayah manatuto, bemase, laga, hingga laiwai perbatasan antara distrik Baucau dan Lospalos. Selain hamparan sawah, kita juga akan melihat secara dekat kerbau, sapi, kuda, domba, kambing berlalu lalang di persawahan dan pinggir-pinggir jalan. Selain pemandangan alam yang indah, kita juga akan melihat secara dekat kehidupan masyarakat di pedesaan. Rata-rata sistem pengelolahan sawah dan ladang masih menggunakan sistem tradisional. Kalau musim hujan tiba, sawah dan ladang akan terlihat menghijau tapi setelah musim kemarau tiba semuanya akan mengiring tak terurus. Masyarakat petani di daerah tidak diajarkan bagaimana mencari alternative usaha lain dalam menghadapi musim

CRISTO REI

Ohin hanesan opotunidade diak ida ba hau tamba ami ministerio hetan servico limpeza iha area Cristo Rei. Desde uluk kedas hau sidauk ba fatin ida ne'e. interstante tebes, tamba statu Criste rei hanesan statu nebe boot liu iha rai Timor Leste no segundo iha mundo depois Cristo Rei iha rai Brazil. Agora dadaun ema trabalhador komesa hadia fali fatin ne'e. Companha nebe mak kaer mak companha naran "Montana diak". Tuir info nebe ami rona katak iha futuru sei monta siguransa no bilhete atu tama ba fatin neba. dala ruma los karik, tamba uma ida husi main gate ou pintu masuk hari iha neba. Trabalhador sira mos komesa pinta no hadia fatin stasaun molok atu to'o iha Cristo Rei. Atu to'o iha statu Cristo rei ita sei hasoru skada barak no stasi-stasi. Sei harak ba pasiar, reza terso ou jogging diak liu hili fatin Cristo Rei. Fresco no furak. alende fresco, husi foho nian tutun ita bele hare cidade Dili, no tasi ibun nebe furak. Antes atu nia tutun, ita sei hasoru Kapela

Minuman SAGIKO & Pemilu 2012

Pada suatu hari penulis mendapat oleh -oleh dari seorang teman yang baru pulang liburan dari Dili. Oleh -oleh tersebut berupa minuman kaleng ringan bermerek SAGIKO. Minuman SAGIKO cukup populer di kalangan masyararakat Timor leste karena selain manis juga cocok untuk daerah panas seperti Timor Leste.  Minuman kaleng SAGIKO biasanya selain dikonsumsi sendiri  juga dipersiapkan untuk acara penting seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara-acara penting lainnya.  Di kota Dili, banyak sekali toko atau supermarket yang menjual minuman baik yang ringan sampai yang berkadar alkohol tinggi. Minuman tersebut berasal dari berbagai negara, korea, singapore, vietnam, australia, indonesia dan portugal. Daya beli masyarakat yang cukup tinggi dan mata uang Dollar amerika yang digunakan sebagai alat transaksi  menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk terus mengirim dan menjual produknya di Timor Leste. Ketergantungan akan barang-barang impor tersebut bukan saja melemahkan perekono