Skip to main content
Hari kedua.

Session di hari kedua dibawakan oleh Mr. Dana dari Universitas Indonesia (UI). Materi presentasinya adalah model-model E-Government. 8 mdel E-Gov:

1. Pemerintah ke Masyarakat (G2C)

2. Masyarakat ke Pemerintah (C2G)

3. Pemerintah ke bisnis (G2B)
4. Bisnis ke pemerintah (B2G)

5. Pemerintah ke pegawai (G2E)

6. Pemerintah ke pemerintah (G2G)

7. Pemerintah ke organisasi nirbala(G2G)

8. Organisasi Nirbala ke Pemerintah (N2G)
Setelah selesai materi yang dibawakan oleh pak Dana, acara dilanjutkan dengan coffe break dan rama tama. Dari pantauan penulis di session hari kedua ini banyak beserta yang hadir. Ada juga beberapa peserta yang mewakili kaum wanita. Mereka juga cukup aktif dalam session Tanya jawab kepada pak dana. Sehabis coffe break acara selanjutnya dibawakan oleh pak yudho. Di session cukup menarik karena menampilkan beberapa video klip mengenai perkembangan teknologi informasi negeri korea dan implementasi E-Gov di propinsi Bali. Beberapa peserta cukup antusian mendengarkan pejelasan bapak yudho yang interaktif, energik dan mudah untuk dipahami. Setelah pak Yudho mengakhiri presentasinya pada jam 12.00. Acara dilanjutkan dengan sesi pemotretan bersama dengan Mr.Chris dari UN-APCICT, Bapak Yudho, Bapak Dana, Direktur DNICT Bapak Flavio C. Cardoso dan seluruh peserta yang hadir di acara ini. Setelah acara session foto bersama acara dilanjutkan dengan session Tanya jawab kepada Mr.Kumar mewakili Databridge dari Malaysia. Ada beberapa point yang bisa dipetik dari penuturan Mr. Kumar adalah pentingnya demand dari masyarakat tentang pentingnya ICT bagi pembangunan. Dengan adanya demand, Pemerintah berkewajiban dan dipaksa untuk memenuhi dan memakai ICT sebagai salah satu penunjang pembangunan. Dalam acara ini bagi peserta yang mengajukkan pertanyaan akan diberikan T-shirt. Sebanyak lima (5) peserta yang beruntung mendapatkan T-shirt ini. Sehabiskan makan siang, jam 13.30 dilanjutkan dengan presentasi yang dibawakan oleh Bapak Yudho. Dalam presentasinya beliau membawakan topic dengan berjul Government to Business (G2B). Bukan Pak yudho namanya kalau session yang dibawakan tidak ditampilkan video klip. Kali ini video yang beliau bawakan bertemakan perkembangan teknologi di Korea. Jam 14.30 dilanjutkan dengan sessing yang dibawakan oleh pak Dana dengan tema Government to Government (G2G). Walau materi yang dibawakan para narasumber ini cukup berat, namun para peserta tetap semangat untuk mengikuti seluruh session di hari kedua.

Comments

makai said…
gaya yehhhhh..bagi2 dong komp.nya
kenape nggak minta laptop model terbaru.....tapi jangan cuma 1...kalau bisa dilebihkan....
ciaooooooooooooo

Popular posts from this blog

Same-Betano

" Gambar Manufahinya gak ada ya padahal bagus lho ada pantai betano plus benteng portugisnya,pantai selihasan dan sungai karaulun tidak kalah dgn Distrik yang lain. Apalagi kalo ada cerita perjalanan dari Dilli naik ke Dare trus ke Aileu masuk ke Maubessi Ainaro bisa petik bunga edelweis di pinggir jalan (jadi ingat tahun 1991) Obrigado ba maun nia blog,gambar diak los (dari Yudis)." Ya, Ketika aku membaca komentar dari teman di atas, aku cukup merasa tersanjung..eeee..maklum belum pernah ada yang memberikan komentar buat blogku. Tapi syukur sekarang sudah mulai ada pengemar..eeee Banyak orang mengenal Timor Leste dari Sumber gas dan minyak tapi mereka lupa bahwa Timor Leste juga punya banyak sektor turism yang tidak kalah menarik dengan Bali. Beberapa sektor turism yang cukup dikenal di Timor Leste diantaranya: Pulau Jaco dan Com (lospalos), Pousada Maubessi, Pousada Baucau, Cristo Rei, Patung Paus Yoh. Paulus II tasi tolu (Dili), Kebun Kopi (Ermera), Tugu Integrasi Balibo (...

Proses kawin adat di Timor Leste!!!!

Beberapa hari yang lalu penulis beserta keluarga yang lain menghadiri acara kawin adat yang di selenggarakan oleh keluarga kedua mempelai. Kebetulan yang pengantin laki adalah saudara sepupu jadi aku berusaha untuk hadir di acara ini.. Kawin adat sebetul adalah sebuah proses dimana kedua mempelai berjanji untuk mengikat tali pernikahan sah secara adat dan telah direstui oleh kedua belah pihak. Nah, dalam tulisan kali ini penulis tidak akan membahas sejarah munculnya kawin adat di Timor Leste tapi yang penulis tekankan disini adalah tata cara  pernikahan adat yang diakui secara luas di Timor Leste. Proses pernikahan adat meliputi beberapa tahap: 1. Tahap persiapan Pada tahap ini, keluarga mempelai laki mengundang sanak saudara untuk duduk bersama dan meyiapkan strategi apa yang harus diomongkan ketika berhadapan dengan pihak mempelai wanita. Strategi yang penulis maksud disini adalah berapa biaya yang harus dipersiapkan oleh mempelai laki sebelum dibayarkan ke pihak mempelai...

Mari menelusuri kota Gleno-Ermera

Sekitar jam 9.30 WTL, saya bersama beberapa teman berkunjung ke kota Gleno di District Ermera. Ada beberapa aktivitas yang akan dilakukan di Gleno diantaranya: megunjungi kantor Administrador Distrito dan kantor Penjara Gleno. Aktivitas tersebut telah dijadwal bersama dengan teman-teman kementerian justice untuk melakukan survey ke Penjara Gleno Ermera. Sepanjang perjalanan mulai dari Tibar; kita akan menjumpai beberapa ruas jalan yang mulai rusak parah dan sangat membahayakan pagi para pengendara sepeda motor maupun mobil.   Bila dalam waktu dekat, kondisi ini tidak cepat ditangani, maka akan sangat berdampak buruk bagi aktivitas perekonomian masyarakat Ermera. Sekitar jam 11.30 kami tiba di kota Gleno. Sambil istirahat, dan melakukan check terhadap terhadap perangkat komunikasi di kantor Administrador Ermera. Kami melanjukan perjalanan ke penjara Gleno. Perjalanan dari kantor Administrador ke penjara memakan waktu sekitar 10 menit. Kota Gleno yang dikelilingi oleh hamparan s...